Ads 468x60px

Wednesday, November 10, 2021

Vlog Pembelajaran Tugas PembaTIK Level 4 Tahun 2021

Dalam vlog ini  saya  menceritakan praktik baik yang sudah saya lakukan dalam inovasi pembelajaran bersama Rumah Belajar. Dalam tema berbagi dan berkolaborasi saya memilih subtema budaya yaitu tentang kesenian daerah Banjar yang mengangkat kearifan lokal. Kesenian daerah Banjar memang beraneka ragam, saya tertarik untuk mengambil salah satu kesenian daerah Banjar yaitu mamanda karena seiring berjalannya waktu kesenian mamanda mulai dilupakan oleh anak muda. Kesenian daerah Banjar ini termasuk disalah satu mata pelajaran muatan lokal kelas 6. 

Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu: 
1. Siswa dapat mengetahui sejarah mamanda 
2. Siswa dapat mempraktikkan kesenian daerah mamanda 

Karena di sekolah kami masih mengadakan PTM terbatas maka saya menggunakan model pembelajaran Blended Learning. Model Pembelajaran Blended Learning merupakan pembelajaran yang mengombinasikan antara tatap muka dan pembelajaran secara online dengan memanfaatkan berbagai macam media dan teknologi untuk mendukung belajar mandiri dan memberikan pengalaman belajar kepada siswa. 

Pada pembelajaran kali ini saya akan menjelaskan kepada siswa materi kesenian daerah mamanda dengan menggunakan salah satu fitur rumah belajar yaitu sumber belajar. Saya mengakses Sumber belajar dan menampilkan video pembelajaran dengan judul MAMANDA, semua siswa menonton video secara klasikal. Dalam belajar dikelas,setiap siswa di kelas 6 difasilitasi satu buah tablet yang merupakan bantuan pemerintah dari BOS Afirmasi Tahun 2019. Sebelumnya saya sudah menginstall aplikasi Rumah Belajar pada setiap tablet dan pada saat belajar di kelas, siswa bisa langsung mengakses Rumah Belajar untuk pendalaman materi. Siswa login di Rumah Belajar dengan menggunakan akun belajar yang sudah mereka miliki masing-masing.Siswa kelas 6 SDN Ilung berkelompok mempraktikan kesenian daerah Banjar Kalimantan selatan yaitu MAMANDA

Saya telah melakukan sosialisasi tentang inovasi pembelajaran bersama Rumah Belajar pada 3 kegiatan secara tatap muka dan 1 kegiatan secara tatap maya  yaitu pada hari senin  tanggal 1 November 2021 di tempat saya bertugas di SDn Ilung. Pada hari Rabu tanggal 3 November 2021 bertempat di SDN 2 Ilung Pasar lama, pada hari Jum'at tanggal 5 November 2021 di Radio Suara Al Khair FM live On zoom berkolaborasi dengan Sahabat Rumah Belajar Tahun 2021 dan Sahabat Rumah belajar Tahun 2019 dan pada Rabu tanggal 10 November 2021 bertempat di SDN 1 Barabai Darat. Pada sosialisasi tersebut diawali dengan menjelaskan fitur-fitur rumah belajar, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan praktik baik yang sudah saya lakukan yaitu menerapkan model pembelajaran blended learning dengan inovasi pembelajaran bersama Rumah Belajar pada siswa kelas 6 SDN Ilung yang mengangkat kearifan lokal.

Vlog Pembelajaran Tugas PembaTIK Level 4 Tahun 2021


0 comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Visitor

Flag Counter
 
Blogger Templates