Ads 468x60px

Sunday, October 30, 2016

Gerakan Literasi Sekolah


Sumber foto: http://komunita.id/listing/gerakan-literasi-sekolah/


Mungkin anda sering mendengar bahwa di sekolah harus digalakkan gerakan literasi sekolah. Apa sih yang dimaksud dengan literasi? Ya benar, literasi adalah kemampuan dalam mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara cerdas.  Lalu ada lagi istilah gerakan literasi sekolah? Maksudnya apa ya? Gerakan literasi sekolah adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi  pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.


Seperti apakah sekolah sebagai organisasi pembejelajaran yang literat? Sekolah yang menyenangkan dan ramah anak di mana semua warganya menunjukkan empati, kepedulian, semangat ingin tahu dan cinta pengetahuan, cakap berkomunikasi dan dapat berkontribusi kepada lingkungan sosialnya. Yang berperan dalam gerakan literasi sekolah yaitu peran serta warga sekolah (guru, kepala sekolah, peserta didik, orang tua, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, dan komite sekolah) akademisi, dunia usaha dan industri dan pemangku kepentingan di bawah koordinasi Ditjen Dikdasmen Kemdikbud.

Tujuan umum Gerakan Literasi sekolah yaitu menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam gerakan literasi sekolah agar mereka menjadi pembejalar sepanjang hayat.

Tujuan Khusus gerakan literasi sekolah antara lain:
1.      Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah
2.      Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat
3.      Menjadikan sekolah sebagai taman belajar  yang menenangkan dan ramah  anak agar warga sekolah mampu mengelola  pengetahuan
4.      Menjaga keberlanjutan  pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.
Nah, demikian sekilas  tentang gerakan literasi sekolah. Semoga dapat kita galakkan di sekolah kita.




0 comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Visitor

Flag Counter
 
Blogger Templates