Ads 468x60px

Sunday, November 13, 2016

10 Cara Mengembangkan Budaya Literasi Sekolah




Seperti telah dibahas pada postingan yang lalu tentang Gerakan Literasi Sekolah, bahwa Gerakan literasi sekolah sangat penting guna mengembangkan minat baca. Banyak sekali manfaat yang di dapat dengan menumbuhkan budaya literasi sekolah, selain menumbuhkan minat baca juga dengan membaca akan menambah berbagai wawasan. Ada baiknya kita tahu bagaimana cara mengembangkan Budaya Literasi Sekolah. Yuk kita simak 10 cara mengembangkan budaya literasi sekolah:

1.      Diskusi Hasil Resensi Buku
Tidak hanya siswa, tetapi guru juga sangat perlu membaca buku guna memperluas wawasan, guna menambah ilmu pengetahuan, yang nantinya akan diajarkan kepada siswa-siswa di sekolah. Untuk mengembangkan budaya literasi sekolah, setiap guru wajib membaca buku setiap satu bulan satu buku yang di baca. Buku tersebut diresensi kemudian didiskusikan dalam sebuah acara misalnya pada forum Kelompok Kerja Guru (KKG) yang diadakan setiap minggu atau setiap bulan.
2.      Membaca Senyap 15 Menit Setiap Hari
Setiap sekolah wajib menyediakan buku non teks pelajaran sebagai bahan untuk dibaca guru dan siswa. Bisa saja buku cerita ataupun dongeng untuk anak-anak yang biasanya sangat disukai anak-anak. Setiap hari, 15 menit sebelum pelajaran dimulai guru dan siswa diwajibkan membaca buku non teks pelajaran.
3.      Perpustakaan Kelas
Perpustakaan memang seharusnya ada pada setiap sekolah, namun biasanya perpustakaan ini khusus berada pada suatu bangunan yang berisi bermacam-macam buku. Kalau biasanya disetiap sekolah sudah memiliki perpustakaan. Bagaimana dengan perpustakaan kelas? Apakah di sekolah anda sudah mempunyai perpustakaan kelas? Untuk mengembangkan budaya literasi sekolah sebaiknya sekolah membuat program agar setiap kelas memiliki perpustakaan mini. Adapun buku-bukunya bisa berasal dari sumbangan siswa itu sendiri.
4.      Pengadaan Buku Bacaan Berkualitas
Buku adalah gudang ilmu, buku adalah jendela dunia. Buku yang berkualitas akan mampu menginspirasi guru dan siswa. Untuk mengembangkan budaya literasi sekolah, sekolah membuat program untuk membeli buku-buku yang berkualitas.
5.      Kunjungan ke Pameran Buku
Sekolah membuat program tahunan untuk mengajak siswa siswinya berkunjung ke pameran buku. Disitu siswa dan guru dapat menemukan berbagai macam buku yang dapat dijadikan literatur, buku yang dapat memotivasi insan pendidikan untuk lebih maju. Banyak manfaat yang didapat dari berkunjung ke pameran buku antara lain dapat menanamkan kecintaan siswa kepada buku sehingga akan lebih menumbuhkan minat baca siswa.
6.      Kunjungan ke Perpustakaan Daerah
Setiap daerah pasti mempunyai perpustakaan yang menjadi tempat dan menyediakan sarana untuk belajar baik dilingkungan formal maupun non formal. Perpustakaan yang lengkap dan dikelola dengan baik memungkinkan pengguna untuk lebih mengembangkan dan mendalami pengetahuan yang diperolehnya, baik dalam berkelompok, maupun belajar mandiri pada waktu-waktu kosong, dengan berbagai profesi. Sekolah membuat program agar para siswa bisa berkunjung ke perpustakaan daerah setempat.
7.      Kunjungan ke Penerbit Buku Terdekat
Sekolah membuat program agar para siswanya bisa berkunjung ke salah satu penerbit buku terdekat. dengan banyaknya penerbit, komunitas perbukuan, stasiun radio, dan beberapa stasiun televisi lokal mampu melahirkan ide-ide kreatif sebagai tindak lanjut pesta buku. Selain memasyarakatkan minat membaca dan cinta buku melalui pameran, media lain seperti radio dan televisi dapat dimanfaatkan.
8.      Challenge
Sekolah membuat program tantangan membaca buku kepada guru dan siswa misalkan yang berhasil membaca 100 buah buku dalam setahun maka akan mendapatkan reward.
9.      Writing Contest dan Penerbitan Buku
Sekolah membuat lomba menulis buku bagi guru dan siswa, bagi para pemenang bukunya akan diterbitkan oleh pihak sekolah.
10.  Reading Award
Sekolah memberikan reward kepada siswa/guru yang paling rajin membaca di perpustakaan, perpustakaan kelas terbaik, guru dan siswa yang berhasil menerbitkan buku.
Demikian cara menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi sekolah. Semoga dengan adanya tulisan ini akan bermanfaat bagi kita semua.



0 comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Visitor

Flag Counter
 
Blogger Templates