Ads 468x60px

Saturday, November 6, 2021

“Part 1” Sosialisasi Pemanfaatan Rumah Belajar dalam Inovasi Pembelajaran di SDN Ilung

 

Salah satu tugas akhir dalam pembaTIK level 4 adalah sosialisasi tentang pemanfaatan Rumah Belajar dalam Inovasi Pembelajaran. Sosialisasi yang saya lakukan terbagi beberapa kegiatan baik secara tatap muka maupun secara online. Sosialisasi yang pertama dilaksanakan secara tatap muka pada tanggal 1 November 2021 di sekolah tempat saya bertugas yaitu SDN Ilung, sebelumnya saya sudah meminta izin kepada kepala sekolah dan pengawas TK/SD Kecamatan Batang Alai Utara, dan disepakati sosialisasi dilaksanakan pada hari Senin tanggal 1 November 2021. 


Koordinasi dengan Pengawas TK/SD Kec. Batang Alai Utara

Jumlah peserta sosialisasi pada kegiatan yang pertama ini sebanyak 15 orang yang terdiri dari:

1.       Pengawas TK/SD Kec. Batang Alai Utara

2.       Kepala Sekolah SDN Ilung

3.       Kepala Sekolah Tandilang

4.       Guru kelas SDN Ilung sebanyak 6 Orang

5.       Guru PJOK

6.       Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)

7.       Operator

8.       Petugas Perpustakaan

9.       Guru inklusi sebanyak 2 orang

10.   GTT

Daftar hadir peserta sosialisasi pembelajaran inovatif bersama Rumah Belajar yang bertempat di SDN Ilung dapat dilihat disini.

Persiapan yang saya lakukan sebelum sosialisasi ini dimulai yaitu merancang dan mencetak spanduk, membuat surat undangan untuk pengawas TK/SD, membuat daftar hadir peserta sosialisasi, serta menyiapkan bahan untuk presentasi. Pada sosialisasi yang pertama ini, paparan awal yang saya jelaskan mengenai pengenalan rumah belajar beserta fitur-fiturnya. Ada fitur utama dan ada fitur pendukung. Fitur utama rumah belajar adalah sumber belajar, Kelas Maya, Laboraturium Maya, Bank Soal. Sedangkan fitur pendukung terdiri dari Peta budaya, Buku Sekolah elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Blog Pena, dan Edugame.

Para Guru menginstall aplikasi Rumah Belajar

Setelah memaparkan tentang pengenalan rumah belajar beserta fitur-fiturnya, saya juga menjelaskan cara masuk di rumah belajar dengan alamat belajar.kemdikbud.go.id, atau bisa juga diinstall melalu playstore. Bapak/ibu guru peserta sosialisasi sangat antusias, dan mereka pun saya bimbing untuk menginstall aplikasi Rumah Belajar. Saya juga mempresentasikan praktik baik yang sudah saya lakukan dengan inovasi pembelajaran bersama rumah belajar.

Galeri Foto-Foto Sosialisasi Pemanfaatan Rumah Belajar dalam Inovasi Pembelajaran di SDN Ilung


0 comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Visitor

Flag Counter
 
Blogger Templates