Ads 468x60px

Sunday, October 31, 2021

Pengalaman Penulis Mengikuti PembaTIK dari Level 1 Sampai Level 4

 

Awalnya saya belum terlalu familiar dengan pembaTIK, bahkan saya tidak tahu bahwa kegiatan pembaTIK itu ada beberapa level. Banyak twibbon yang berseleweran di medsos “Saya Siap Mengikuti PembaTIK Level 1”, hampir setiap saya membuka medsos baik di facebook maupun di instagram selalu ada twibbon itu yang muncul di beranda, akhirnya tergerak lah hati saya untuk mendaftar di simpatik.belajar.go.id dan setelah itu saya mengajak teman-teman guru di sekolah untuk ikut serta rame-reme mendaftar pada kegiatan pembaTIK Level 1. Saat saya mendaftar saya memilih gelombang 15. Setelah kelas dibuka ada 4 modul yang harus dipelajari, dan setelah saya lihat beberapa aktivitas pada tiap modul ternyata ada tugas dan ujiannya. Saya pun lebih bersungguh-sungguh membaca tiap modul, hingga tibalah ujian secara online menjawab beberapa pertanyaan yang berbentuk pilihan ganda.


Sumber gambar: https://www.gurumadrasah.com/


Selang beberapa waktu kemudian diumumkanlah kelulusan di kelas simpatik, begitu senang rasanya melihat tulisan anda lulus. Teman-teman saya semuanya juga lulus di level 1 ini, dan kami mendaftar kembali untuk mengikuti pembaTIK di level 2. Saya mendaftar di gelombang 6. Sama seperti pada level 1, ada beberapa modul yang harus dipelajari. Cuma yang membedakan pada level 2 ini ada tugas akhir membuat video pembelajaran disamping juga harus menyelesaikan ujian. Hasil akhir kelulusan 60% tugas akhir + 40% nilai ujian. Saya lebih serius membaca setiap modul, mengenal aplikasi-aplikasi edit video baik aplikasi edit video lewat android maupun aplikasi edit video lewat PC. Jujur saja, saya saat itu masih buta tentang pembuatan video pembelajaran, bahkan saya belum pernah sama sekali membuat video pembelajaran. Dengan bermodal tekad yang kuat untuk belajar, saya mulai membuka youtube mempelajari tutorial pembuatan video pembelajaran, perlahan tapi pasti.  Langkah awal saya menentukan tema  dan membuat naskah. Sampai disitu saya lebih mengerti dan apa yang harus saya lakukan lebih terarah. Pada hari Minggu saya melakukan syuting, menurut yang saya pelajari di youtube latar pengambilan video harus yang berwarna hijau, pada saat itu saya belum memiliki triport dan green screen. Dengan hanya bermodalkan hp android dan kebetulan cat tembok di rumah saya berwarna hijau, saya syuting seadanya dengan dibantu suami pada saat pengambilan video. Saya menginstall aplikasi kinemaster pada hp android, kemudian mengedit video didampingi oleh tutorial dari youtube.  Dan ternyata saya bisa menghasilkan karya pertama video pembelajaran di pembaTIK level 2. Video di simpan digoogle drive, dan link nya dituliskan ditempat mengumpul tugas, selain itu ujian pun juga saya lalui dengan 40 soal yang berbentuk pilihan ganda.

Pada tanggal 4 September 2021 ada pengumuman kelulusan level 2 di kelas simpatik,  saya pun lulus dan langsung terdaftar otomatis diterima sebagai peserta di level 3.  Sama dengan level sebelumnya, ada beberapa modul yang harus dipelajari, pada level 3 ini juga ada tugas akhir membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif dan hasil akhir dalam bentuk html 5. Kriteria kelulusan di level 3 ini yaitu 60% MPI + 30% ujian online + 5 % sinkronus + 5 % diskusi. Untuk pembeuatan MPI direkomendasikan memakai aplikasi Smart App Creator (SAC) tetapi boleh juga memakai aplikasi yang lain asalkan output berbentuk html 5. Saat itu saya baru pertama kali mendengar aplikasi tersebut, sebelumnya saya sudah pernah membuat media pembelajaran interaktif tetapi dalam bentuk power point.  Selesai mempelajari semua modul, saya browsing mencari aplikasi Smart App Creator yang versi trial, setelah diinstall saya biarkan dulu dilaptop karena saya bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Sama dengan jurus pada level 2 tentang tugas akhir pembuatan video pembelajaran, jurus yang saya gunakan untuk belajar adalah tutorial youtube. Sebelumnya saya menentukan tema, menyiapkan materi yang akan dibuat, rencana apa saja yang saya tulis per slide dan yang terakhir mencari asset. Untuk gambar saya ambil di freepik.com, audio saya ambil di bensound.com, dan materi saya ambil dibeberapa buku juga dari wikipedia.com. Dengan didampingi tutorial youtube akhirnya jadilah karya saya berupa Multimedia Pembelajaran Interaktif yang berjudul Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Ternyata perjuangan tidak berakhir sampai disini, untuk mengunggah ke sumber belajar sangat sulit akses masuknya, maklum saja peserta yang jumlahnya ribuan diseluruh Indonesia berebut untuk mengunggah ke sumber belajar. Beberapa kali saya mencoba hasilnya gagal, saya pun tak pantang menyerah, walaupun hari sudah menjelang tengah malam saya pergi ke beranda rumah dengan temani suami untuk mencari sinyal yang bagus. Dengan selalu mencoba akhirnya hasil karya saya bisa juga masuk ke sumber belajar. Pada tanggal 17 September 2021, diadakan bimbingan sinkronus dengan nara sumber Ibu Yane Hendarnita dari Pusdatin Kemendikbud dan Bapak Sujarwo yang merupakan Duta Rumah Belajar Jawa Tengah Tahun 2018, pemaparan yang sangat luar biasa dari beliau berdua. Pada PembaTIK Level 3 ini dibagi menjadi beberapa region, untuk region Kalimantan peserta PembaTIK pada level 3 ini berjumlah 550 orang. Dibuatlah grup telegram khusus pembaTIK level 3 gelombang 14. Di grup tersebut kami sharing dengan masalah pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan yang paling saat banyak peserta yang tidak dapat mengunggah hasil karyanya di sumber belajar, apalagi pada hari-hari terakhir sumber belajar hamper tidak bisa diakses. Sampai akhirnya jadwal pengumpulan tugas yang asalnya terakhir pengumpulan tugas pada tanggal 23 September, di berikan perpanjangan waktu sampai tanggal 25 September 2021.

Tangkapan layar zoom meeting sinkronus Pembatik Level 3

Kelulusan PembaTIK Level 3 diumumkan pada tanggal 22 Oktober 2021, dan pada pagi hari di tanggal 23 Oktober 2021 saya baru membuka pada halaman simpatik.belajar.kemdikbud.go.id ternyata saya diterima sebagai peserta PembaTIK Level 4, sebelumnya saya tidak pernah menyangka karena saya menganggap para peserta yang berjumlah 550 orang se Kalimantan yang terdaftar di PembaTIK Level 3 sungguh sangat luar biasa hal itu terbukti ketika saya melihat hasil karya para peserta yang mereka upload di grup telegram, peserta yang berhak masuk ke Level 4 hanya 30 terbaik dari setiap provinsi. Saya sangat bersyukur diberi kesempatan kembali untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan di bidang TIK pada Level 4 ini. Saya tidak ingin menyianyiakan kesempatan ini walaupun tidak ada terbersit sedikit pun dibenak saya untuk menjadai Duta Rumah Belajar 2021. Saya awali dengan bismillah dan niat untuk menuntut ilmu yang bermanfaat dan semoga dikemudian hari ilmu di PembaTIK yang sudah saya terima di tiap level tidak hanya bermanfaat bagi saya tetapi juga bermanfaat untuk orang-orang disekitar saya.

Pada level 4 ini tugasnya lumayan berat daripada level 1, 2 dan 3. Ketentuan tugas akhir pada level 4 ini yaitu membuat vlog. Tema besar dari Vlog Pembatik 2021 adalah Berbagi dan Berkolaborasi bersama di Rumah Belajar. Peserta di dalam kelas mendiskusikan 4 sub tema yang akan diangkat untuk mendukung tema besaran Pembatik. Sub tema dapat mengangkat kearifan lokal. Tugas vlog bersifat individu yang berisi proyek sesuai dengan sub tema yang disepakati dan wajib ada pemanfaatan fitur Rumbel dan atau layanan Pusdatin lainnya.  Konten vlog berupa praktik baik inovasi pembelajaran kolaboratif yang mengintegrasikan pemanfaatan fitur-fitur Rumah Belajar dan atau layanan Pusdatin di era kenormalan baru. Kemudian tugas berikutnya adalah membuat blog, Pada blog berisi tulisan-tulisan mengenai aktivitas sosialisasi (tatap maya/tatap muka), aktivitas implementasi tugas vlog, aktivitas pemanfaatan blog untuk pembelajaran sesuai mapel yang diampu, dan hal-hal lain yang edukatif, dengan memanfaatkan Layanan Pusdatin terutama portal Rumah Belajar. Selain membuat vlog dan blog pada level 4 ini peserta harus melakukan sosialisasi pemanfaatan Rumah Belajar di daerah masing-masing, bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok. Peserta kegiatan/sasaran sosialisasi adalah guru-guru/ komunitas guru  lintas sekolah dengan jumlah minimal 50 orang untuk tatap maya atau 25 orang untuk tatap muka (dapat memilih salah satu yang memungkinkan). Coaching dilakuakan selama 4 hari mulai tanggal 25 Okteober 2021-28 Oktober 2021. Baca juga pengalaman penulis dalam mengikuti coaching pembaTIK Level 4.

Kegiatan Para SRB  Coaching hari pertama dan kedua

Kegiatan Para SRB  Coaching hari ketiga

Kegiatan Para SRB  Coaching hari keempat

 Demikianlah pengalaman saya mengikuti pembaTIK 2021 dari level 1 sampai level 4. Dengan adanya pembaTIK 2021 ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam bidang TIK sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam peningkatan mutu pendidikan.

 

0 comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Visitor

Flag Counter
 
Blogger Templates